BERMAIN BENTENG-BENTENGAN ASYIK DAN SEHAT

Dibuat Oleh:
Muhammad Isro'
SMPN 2 GRATI
A.    PEMBUKAAN
1.    Latar Belakang Masalah
Benteng-bentengan adalah permainan yang terdiri dari 2 kelompok, inti dari permainan ini adalah banyak-banyakan siapa yang berhasil menduduki benteng lawan (dengan simbolnya menyentuh benteng lawan ). Setiap team akan menjaga bentengnya ( bentuk dan bendanya terserah, biasanya tiang listrik, pohon, tembok, dll ) sekaligus menyerang benteng lawan. Setiap penyerang yang sudah jauh meninggalkan bentengnya, akan bisa ditangkap oleh penjaga, dan jika tertangkap penyerang akan menjadi tawanan. Dan harus di selamatkan oleh kawannya untuk bisa bermain lagi. kelompok yang berhasil lebih banyak mendudukin benteng lawan, itu lah yang menang.
2.    Tujuan pembahasan
Untuk memperkenalkan permainan ini kepada masyarakt umum baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
3.    Pembatasan Masalah
a.    Apa saja unsure kebugaran jasmani yang ada dalam permainan ini?
b.    Bagaimana aturan permainan ini?
c.    Bagaimana cara memainkan permainan ini?
d.    Apa saja manfaat permainan ini?
B.    PEMBAHASAN
(1)    Unsure Kebugaran jasmani yang ada dalam permainan ini adalah sebagai berikut:
a)    Agility (kelincahan)
Karena dalam permainan ini pemain di paksa untuk bisa mengecoh lawan agar dapat menyentuh benteng. Dan itu membutuhkan kelinchan.
b)    Speed (kecepatan)
Dalam permainan ini juga harus bisa berlari dengan cepat agar tidak kena serangan lawan dan tidak menjadi tawanan.
c)    Daya Tahan
Dapat melatih daya tahan serta kekuatan karena dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari
(2)    Aturan permainannya adalah:
a)    Terdiri dari 2 kelompok yang bertanding.
b)    Setiap kelompok terdiri dari 4-8 pemain(lebih idealnya 6 orang).
c)    Pemain boleh putra/putri.
(3)    Cara memainkannya adalah:
a)    Disediakan 2 tempat untuk tempat pertahanan/benteng bisa terbuat dari apa saja,missal:pohon,tiang,tembok dll.(masing-masing kelompok 1).
b)    Setiap pemain menyerang benteng lawan.
c)    Kelompok yang diserang melawan dengan cara mengejar pemain lawan yang menyerang.

d)    Seseorang bisa menyentuh lawannya dan menyanderanya, jika lawan keluar dari benteng atau literally melepaskan tangannya dari benteng, entah itu berlari, berjalan atau dia mungkin lupa kecapean duduk di deket bentengnya tanpa menyentuhkan tangannya ke benteng. Orang yang keluar duluan dari Benteng berarti “kalah tua” dengan orang (lawan) yang keluar dari benteng belakangan.

Jika, No. 1 berlari keluar terlebih dahulu, maka dia “kalah tua” dari No. 2 dan No. 2 bisa menangkapnya. Untuk merefresh status No. 1 yang “kalah tua”, maka No. 1 harus menyentuh bentengnya sendiri (benteng A).
e)    Apabila kelompok yang bertahan bisa menyentuh begian tubuh dari pemain lawan yang menyerang,maka pemain tersebut harus keluar arena(menjadi tawanan) dan bisa bebas jika temannya bisa menolong dengan cara menyentuh
f)    Sebaliknya bila kelompok yang menyerang dapat menyentuh benteng lawan,maka kelompok penyerang dinyatakan menang.
(4)    Manfaat yang bisa diambil dari permainan ini adalah:
a)    Dapat melatih kecepatan dan kelincahan dalam berlari
b)    Dapat melatih daya tahan serta kekuatan karena dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari
c)    Selain itu permainan ini juga dapat memupuk kerja sama antar kelompok
C.    PENUTUPAN
a.    Kesimpulan:
Jadi,permainan “Benteng-Bentengan” ini selain asyik,menghibur juga bisa memberikan kebugaran jasmani.
b.    Saran:
 “Permainan ini harus dilestarikan di tengah era globalisasi seperti ini,karena sangat menghibur juga menyehatkan”.

Minggu, 29 Januari 2012

BERMAIN BENTENG-BENTENGAN ASYIK DAN SEHAT

Dibuat Oleh:
Muhammad Isro'
SMPN 2 GRATI
A.    PEMBUKAAN
1.    Latar Belakang Masalah
Benteng-bentengan adalah permainan yang terdiri dari 2 kelompok, inti dari permainan ini adalah banyak-banyakan siapa yang berhasil menduduki benteng lawan (dengan simbolnya menyentuh benteng lawan ). Setiap team akan menjaga bentengnya ( bentuk dan bendanya terserah, biasanya tiang listrik, pohon, tembok, dll ) sekaligus menyerang benteng lawan. Setiap penyerang yang sudah jauh meninggalkan bentengnya, akan bisa ditangkap oleh penjaga, dan jika tertangkap penyerang akan menjadi tawanan. Dan harus di selamatkan oleh kawannya untuk bisa bermain lagi. kelompok yang berhasil lebih banyak mendudukin benteng lawan, itu lah yang menang.
2.    Tujuan pembahasan
Untuk memperkenalkan permainan ini kepada masyarakt umum baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
3.    Pembatasan Masalah
a.    Apa saja unsure kebugaran jasmani yang ada dalam permainan ini?
b.    Bagaimana aturan permainan ini?
c.    Bagaimana cara memainkan permainan ini?
d.    Apa saja manfaat permainan ini?
B.    PEMBAHASAN
(1)    Unsure Kebugaran jasmani yang ada dalam permainan ini adalah sebagai berikut:
a)    Agility (kelincahan)
Karena dalam permainan ini pemain di paksa untuk bisa mengecoh lawan agar dapat menyentuh benteng. Dan itu membutuhkan kelinchan.
b)    Speed (kecepatan)
Dalam permainan ini juga harus bisa berlari dengan cepat agar tidak kena serangan lawan dan tidak menjadi tawanan.
c)    Daya Tahan
Dapat melatih daya tahan serta kekuatan karena dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari
(2)    Aturan permainannya adalah:
a)    Terdiri dari 2 kelompok yang bertanding.
b)    Setiap kelompok terdiri dari 4-8 pemain(lebih idealnya 6 orang).
c)    Pemain boleh putra/putri.
(3)    Cara memainkannya adalah:
a)    Disediakan 2 tempat untuk tempat pertahanan/benteng bisa terbuat dari apa saja,missal:pohon,tiang,tembok dll.(masing-masing kelompok 1).
b)    Setiap pemain menyerang benteng lawan.
c)    Kelompok yang diserang melawan dengan cara mengejar pemain lawan yang menyerang.

d)    Seseorang bisa menyentuh lawannya dan menyanderanya, jika lawan keluar dari benteng atau literally melepaskan tangannya dari benteng, entah itu berlari, berjalan atau dia mungkin lupa kecapean duduk di deket bentengnya tanpa menyentuhkan tangannya ke benteng. Orang yang keluar duluan dari Benteng berarti “kalah tua” dengan orang (lawan) yang keluar dari benteng belakangan.

Jika, No. 1 berlari keluar terlebih dahulu, maka dia “kalah tua” dari No. 2 dan No. 2 bisa menangkapnya. Untuk merefresh status No. 1 yang “kalah tua”, maka No. 1 harus menyentuh bentengnya sendiri (benteng A).
e)    Apabila kelompok yang bertahan bisa menyentuh begian tubuh dari pemain lawan yang menyerang,maka pemain tersebut harus keluar arena(menjadi tawanan) dan bisa bebas jika temannya bisa menolong dengan cara menyentuh
f)    Sebaliknya bila kelompok yang menyerang dapat menyentuh benteng lawan,maka kelompok penyerang dinyatakan menang.
(4)    Manfaat yang bisa diambil dari permainan ini adalah:
a)    Dapat melatih kecepatan dan kelincahan dalam berlari
b)    Dapat melatih daya tahan serta kekuatan karena dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari
c)    Selain itu permainan ini juga dapat memupuk kerja sama antar kelompok
C.    PENUTUPAN
a.    Kesimpulan:
Jadi,permainan “Benteng-Bentengan” ini selain asyik,menghibur juga bisa memberikan kebugaran jasmani.
b.    Saran:
 “Permainan ini harus dilestarikan di tengah era globalisasi seperti ini,karena sangat menghibur juga menyehatkan”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Find On Facebook